Tuesday, February 12, 2013

Hati hati menulis status di jejaring sosial

Hati hati terhadap status jejaring sosial. Maraknya jejaring sosial saat ini bagi sebagian orang membuat situ situs tersebut seolah menjadi teman yang paling dekat dengannya. Apa yang dia rasakan, dan ada kejadian apa, biasanya mereka selalu menuliskannya di status atau di wall mereka. Tidak jarang juga, suami/istri menggunakan media sosial sebagai  tempat untuk mengekspresikan diri atau bahkan mengungkapkan berbagai hal tentang pasangannya di media sosial, mulai dari kangen, cinta, sebel, kebiasaan sehari hari, bahkan sampai pertengkaran.


Orang lain memandang dan menilai kita dari apa yang mereka lihat dan dari apa yang mereka tau. Bahkan banyak perusahaan perusahaan sekarang memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menilai calon karyawannya. Mulai dari kata kata yang kita gunakan sampai dengan maksud yang terkandung di dalamnya, semua dilihat dan diperhatikan oleh orang lain.

Walaupun tidak semua status dan tulisan orang di sosial media menggambarkan sifat aslinya, namun pandangan orang lain terhadap kita akan terbentuk dari situ. Mau tidak mau.

Di samping membentuk penilaian orang, status kita di jejaring sosial juga bisa saja dimanfaatkan oleh orang berniat jahat. Contohnya ada yang menulis status: "Sedang sendirian di rumah", "Sedang bawa uang banyak" dan sebagainya. Status status seperti ini akan mengundang bahaya pada diri kita sendiri.

Jadi mulai saat ini, mari sama sama kita jaga nama baik kita dengan menulis status kita di media sosial dengan kata kata yang baik dan santun dan lebih baik lagi jika keseharian kitapun demikian. Amin

Ini pendapatku, Apa pendapatmu?

1 comment:

  1. untuk yang menggunakan akun palsu kayaknya gak begitu masalah sob, tapi yang menunjukan detail dirinya asli mungkin banyak juga masalah yang akan timbul
    makasih infonya sob....

    ReplyDelete